MAKAM CHINA DI TPU CUIT (Bumi Keramat Setrojenar - 2)

Ada satu makam yang menarik dan unik di kompleks TPU (Tempat Pemakaman Umum) Cuit desa Setrojenar, Buluspesantren, Kebumen, Jawa Tengah.

Makam tersebut terletak di sisi timur paling pinggir kompleks makam yang terletak di RT 01 RW III Dukuh Pucung, Desa Setrojenar. Anehnya makam tersebut adalah melintang timur barat, bukan utara selatan layaknya makam-makam di sekitarnya.

Tidak ada tulisan dan informasi yang pasti mengenai keberadaan makam tersebut. Siapa, kapan dan sebab apa dia dimakamkan di sana. Masyarakat sekitar hanya mengenal sebagai Makam China atau Kuburan China.

Menurut salah seorang warga setempat, Sundarto (70), itu adalah makam seorang tentara etnis Tionghoa yang ikut berperang di pihak pejuang tanah air Indonesia.

"Dari informasi yang beredar, tentara China tersebut bernama Chun It, dia dikuburkan sesuai dengan tempat dan posisi meninggalkannya" kata Sundarto.

Kuburan Chun It hanya berupa gundukan tanah yang selama puluhan tahun tetap seperti itu, dikelilingi pohon lancuran yang juga tetap seperti itu.

Nama Chun It kemudian menjadi nama kompleks makam, Chun It yang akhirnya lebih sering disebut Kuburan Cuit.

Hanya saja, kompleks makam tersebut telah lama tidak digunakan sebagai tempat memakamkan jenazah, mungkin sejak era perang kemerdekaan berakhir. Karena beberapa warga tua di sana tidak lagi melihat ada orang yang dimakamkan di sana.

Saya sendiri sebagai warga di sekitar makam, juga hanya melihat beberapa bekas nisan dan dan tumbuhan khas makam.

Entah benar entah salah, saya tidak tahu. Jika ada diantara sahabat Netizens yang memiliki informasi seputar makam China tersebut, silahkan berkomentar...

Monggo Mbah Ravie Ananda...

Terimakasih
Arief Luqman El Hakiem
(Pegiat Media dan Pemerhati Kebijakan Publik) @ Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUMI KERAMAT SETROJENAR

SABDO PALON NAGIH JANJI : KEMBALINYA KEJAYAAN NUSANTARA

SEMAR MBANGUN KAHYANGAN